Catatan Mandarin Bab 4

by - Saturday, November 04, 2017






Wǒ xǐ huan dǎ lán qiú
(Saya suka bermain basket)

-    Nǐ zhī dào wǒ xǐ huan zuò shénme ma?
Kamu tahu apa kegiatan kesukaan saya?

-  Tāmen zài zuò shénme?
Mereka sedang apa?

Tāmen zài wán yóuxì
Mereka sedang bermain

-   Nǐ xǐ huan zuò shénme?
Kamu suka melakukan apa?

wǒ xǐ huan yóuyǒng
Saya suka berenang 

-----------------

Kāng kāng hé Xiǎo lè zài tán tiān
(Kāng kāng dan Xiǎo lè berbincang – bincang)

Kāng kāng : Xiǎo lè nǐ xǐ huan zuò shénme?
                      Xiǎo lè kamu suka melakukan apa?

 Xiǎo lè  :Wǒ xǐ huan yóuyǒng. Nǐ ne?
     Saya suka berenang. Dan Kamu?

Kāng kāng : Wǒ xǐ huan dǎ lán qiú
    Saya suka bermain basket

Xiǎo lè  :Wǒ yě xǐ huan dǎ lán qiú
       Saya juga suka bermain basket

Kāng kāng : Nǐ gē ge xǐ huan dǎ lán qiú ma?
      Kakak laki-laki kamu suka main basket ya?

Xiǎo lè  :Wǒ gē ge bù xǐ huan dǎ lán qiú
    Kakak laki-laki saya tidak suka bermain basket

                  Tā xǐ huan tī qiú
      Dia suka bermain bola

___________________

Wǒ men xǐ huan zuò de shì(Kegiatan kesukaan kita)

Wǒ xǐ huan yóuyǒng. Bà ba xǐ huan xià qí.
Saya suka berenang. Ayah suka bermain catur.

Mā ma xǐ huan pǎo bù, ye xǐ huan yóuyǒng.
Ibu suka berlari, juga suka berenang.

Gē ge bù xǐ huan chàng gē,tā xǐ huan huà huà
Kakak laki-laki saya tidak suka menyanyi, dia suka menggambar

------------------
Tā shi wǒ Bà ba. Bà ba xǐ huan dú shū.
Dia adalah Ayah saya. Ayah suka membaca

Tā shi wǒ Dì di. Dì di xǐ huan chī yú.
Dia adalah adik laki-laki saya. Adik laki-laki saya suka makan ikan

------------------
qù – pergi
chū qù – pergi keluar
Mā ma chū qù le – Ibu sudah pergi
Mā ma chū qù le, dì di kū le – Ibu sudah pergi, adik laki-laki menangis

---------------------------

tī qiú–bermain bola     
wán yóuxì-bermain

yóuyǒng-berenang

dǎ lán qiú-bermain basket

zhé zhǐ-melipat kertas


tiào shéng-lompat tali
  
xià qí-bermain catur   
huà huà-menggambar

chàng gē -menyanyi
tiào wǔ-menari           


dú shū-membaca buku 
    pǎo bù-berlari




       qí jiǎo tà chē-bermain sepeda
fàng fēng zheng-bermain layang-layang

                     
wán diàn nǎo yóu xì-bermain komputer 
zhuō mí cáng-petak umpet 
                           















You May Also Like

0 comments